Selasa, 02 Oktober 2012

My School Online


Sekilas kita pahami apa e-Learning itu sebenarnya. E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer / atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran di kelas. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Dengan adanya E-Learning mudah-mudahan para siswa semangat untuk belajar.
Saat ini memang belum banyak lembaga pendidikan yang memanfaatkan E-learning dalam proses pembelajaran. Tetapi ke depan menurut saya, Teknologi E-learning akan semakin banyak digunakan karena melihat kebutuhan pengguna yang saat ini lebih banyak menggunakan teknologi. Selain itu, Teknologi E-learning memiliki keunggunalan dalam hal kepraktisannya, karena media yang digunakan cukup kecil dan bisa jadi hiburan juga. Namun konsekuensinya konten-konten yang bisa digunakan dalam E-learning harus memiliki ukuran file yang relatif lebih kecil.
SMA Negeri 1 Bandar Lampung saat ini sudah menerapkan pembelajaran dengan model e-learning ini. Siswa dapat mengikuti tambahan jam pelajaran tanpa terbatas oleh waktu dan tempat. Untuk mengakses web e-learning dapat menuju ke url http://el.smansa-bdl.sch.id. E-learning ini memiliki slogan “ My School Online “, yang diartikan bahwa sekolahan online saya, sehingga siswa/i SMAN 1 Bandar Lampung dapat menjadi siswa secara online.
Lalu konten-konten apa saja yang bisa diletakkan dalam E-learning ? Beberapa konten diantaranya:
1. File-file pdf (tutorial, modul, soal-soal latihan)
2. Media pembelajaran berbasis flash
3. File-file office (word, excel, ppt)
4. File-file multimedia (music, video)
5. Game-game pendidikan dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar